Pages

Categories

Cari Blog Ini

Jumat, 05 Juni 2015

QUEUE

Queue (Data Antrean) adalah suatu kumpulan data dimana operasi penambahan data (Insertion) hanya bisa dilakukan pada salah satu ujung saja, yang disebut sisi Belakang (Rear) dan operasi penghapusan (Deletion) hanya bisa dilakukan pada sisi lainnya yang disebut sisi Depan (Front) dari List.


Prinsip Queue adalah FIFO (First In First Out) atau FCFS (First Come First Serve) yaitu yang tiba lebih awal maka akan dilayani terlebih dahulu. Jika diartikan secara sederhana, Queue berarti antrian, Salah satu contohnya yang cukup sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti saat anda mengantri di loket untuk membeli tiket masuk bioskop, pasti yang dilayani paling pertama adalah orang yang paling pertama mengantri.

Adapun operasi-operasi pada Queue, yaitu :
  • EnQueue  : Fungsi EnQueue berguna untuk memasukkan sebuah data dalam queue
  • DeQueue : Fungsi DeQueue berguna untuk mengambil sebuah data dari queue. Operasi ini sering disebut juga serve. Hal ini dilakukan dengan cara memindahkan sejauh satu langkah ke posisi di depannya sehingga otomatis data yang paling depan akan tertimpa dengan data yang terletak di belakangnya.
  • Clear       : Fungsi Clear berguna untuk menghapus semua data dalam queue dengan jalan mengeluarkan semua data tersebut satu per satu hingga queue kosong dengan memanfaatkan fungsi Dequeue
  •  IsEmpty  : Fungsi IsEmpty berguna untuk mengecek apakah queue masih kosong atau sudah berisi data. hal ini dilakukan dengan mengecek apakah tail bernilai -1 atau tidak. Nilai -1 menandakan bahwa queue masih kosong.
  •  IsFull      : Fungsi IsFull berguna untuk mengecek apakah queue sudah penuh atau masih bisa menampung data dengan cara mengecek apakah nilai tail sudah sama dengan jumlah maksimal queue. Jika nilai keduanya sama, berarti queue sudah penuh.
Berikut ini contoh programnya
Hasil run program:















Contoh hasil build program diatas menggunakan Borland C++. Mungkin hanya sekian penjelasan tentang Queue dari saya kurang lebihnya. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat ditanyakan pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya :v





Sumber :
Algoritma & Pemrograman dengan C++ oleh Andri Kristanto
http://www.esokharinanti.com/2014/04/struktur-data-antrean-queue.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar