Pages

Categories

Cari Blog Ini

Jumat, 05 Juni 2015

ARRAY

Array disebut juga Larik merupakan kumpulan dari nilai-nilai data bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan sebuah nama yang sama. Nilai-nilai data di suatu array disebut dengan elemen-elemen array. Letak urutan dari elemen-elemen array ditunjukkan oleh suatu subscript atau indeks, indeks  pertama dari suatu array dimulai dari indeks nol.
Ada beberapa jenis array, yaitu :
  • Array satu dimensi (vector)
  • Array dua dimensi (matriks atau table)
  • Array tiga dimensi (bentuk suatu ruang)


Pada kali ini saya hanya menjelaskan Array berdimensi satu dan dua saja.

1.  Array Satu Dimensi


Array satu dimensi merupakan tipe data yang sering digunakan pada pendeklarasian variabel yang sama tapi memiliki indeks yang berbeda, serta pengisian elemen array dilakukan melalui indeks. Indeks larik secara default dimulai dari 0.

Bentuk umum penulisannya:

TYPE_DATA VARIABEL[JUMLAH_ELEMEN];

contoh :

int nilai[5]  > "int" merupakan tipe data dari variabel "nilai" dan "[5]" merupakan jumlah elemen yang terdapat di dalam array.

Contoh program Array satu dimensi

Run program :













2.    Array Dua Dimensi

Array dua dimensi merupakan tipe data yang sering digunakan pada pendeklarasian variabel yang sama tapi memiliki dua indeks yang berbeda, serta pengisian elemen array dilakukan melalui indeks. Berbeda dengan indeks array satu dimensi yang di mulai dari 0, Indeks array dua dimensi secara default dimulai dari 0,0. Jumlah elemennya adalah indeks 1 x indeks 2.
 
Bentuk umum penulisan:

TYPE_DATA VARIABEL[JUMLAH_ELEMEN1] [JUMLAH_ELEMEN2];

contoh :

int nilai[3][2]={{1,2 }, {4,5,}, {6,7}};  









Contoh program Array dua dimensi
Run program:













Contoh hasil build program diatas menggunakan Borland C++. Mungkin hanya sekian penjelasan tentang array dari saya kurang lebihnya. Jika ada yang ingin ditanyakan dapat ditanyakan pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya :v





Sumber:
KONSEP DAN APLIKASI PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN BORLAND C++ BUILDER 6 M. Fachrurrozi
Algoritma & Pemrograman dengan C++ oleh Andri Kristanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar